Penelitian ini
bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IIB3 SLTPN 4 Singaraja Tahun Ajaran 2004/2005
sebanyak 38 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam tiga siklus. Data penelitian tentang prestasi belajar
matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes.
Data tentang tanggapan
siswa terhadap pendekatan pembelajaran yang diterapkan dikumpulkan dengan
quesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik
deskriptif. Rerata tes prestasi belajar pada akhir siklus I adalah 64,7 dan
pada akhir siklus II reratanya 40,8. Terjadi penurunan yang signifikan dari
siklus I ke siklus II. Penurunan rerata pada akhir siklus II disebabkan oleh
sebagian besar siswa belum mampu mengaplikasikan konsep yang sudah diajarkan.
Pada akhir siklus III reratanya 60,1. Bila dibandingkan dengan siklus II maka
terjadi peningkatan yang signifikan Dari hasil angket yang diisi oleh semua
subjek penelitian sebanyak 38 orang diperoleh 23 orang (60,5%) memberi
tanggapan positif, dan 15 orang (39,5%)
memberi tanggapan negatif.
FULL DOWNLOAD :
Full Download silahkan menuju ke:
Full Download silahkan menuju ke:
http://www.undiksha.ac.id/images/img_item/534.doc
No comments:
Post a Comment