Friday, 31 May 2013

Implementasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SLTP 4 Singaraja



Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIB3 SLTPN 4 Singaraja Tahun Ajaran 2004/2005 sebanyak 38 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data penelitian tentang prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes.
Data tentang tanggapan siswa terhadap pendekatan pembelajaran yang diterapkan dikumpulkan dengan quesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Rerata tes prestasi belajar pada akhir siklus I adalah 64,7 dan pada akhir siklus II reratanya 40,8. Terjadi penurunan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Penurunan rerata pada akhir siklus II disebabkan oleh sebagian besar siswa belum mampu mengaplikasikan konsep yang sudah diajarkan. Pada akhir siklus III reratanya 60,1. Bila dibandingkan dengan siklus II maka terjadi peningkatan yang signifikan Dari hasil angket yang diisi oleh semua subjek penelitian sebanyak 38 orang diperoleh 23 orang (60,5%) memberi tanggapan  positif, dan 15 orang (39,5%) memberi tanggapan negatif.

FULL DOWNLOAD :
Full Download silahkan menuju ke: 
http://www.undiksha.ac.id/images/img_item/534.doc