Rendahnya SDM bangsa Indonesia terjadi dikarenakan sangat
rendahnya minat baca tulis dikalangan pelajar. Salah satu pengajaran Bahasa
Indonesia adalah mengembangkan kemapuan berkomunikasi dalam bentuk lisan dan
tulis. Kemampuan berkomunikasi meliputi mendengarkan berbicara, membaca, dan
menulis. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning /CTL) merupakan
salah satu pendekatan yang efisien didalam penerapan pembelajaran menulis. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan
kontekstual dalam usaha untuk meningkatkan kualitas menulis kreatif pada siswa
kelas V (lima) SDI Surya Buana Malang.
Desain penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus (siklus I dan siklus II) , sedangkan
tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan (2) pelaksanaan
(3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik
observasi dan dokumentasi lapangan secara langsung. sumber datanya adalah seluruh
siswa kelas V SDI Surya Buana Malang.
Hasil dari penelitian dengan penerapan pendekatan kontekstual
dalam pembelajaran menulis kreatif pada siswa kelas V di SDI Surya Buana Malang
sangat baik hal itu bisa dilihat dari evaluasi awal Pra tindakan kemampuan
belajar siswa 11,11% dengan hasil belajar 7,41 %, pada Siklus I kemampuan
belajar siswa 14,82 % dan hasil belajar siswa 18,52 %, kemudian pada siklus III
kemampuan belajar siswa naik menjadi 22,22 % sedangkan hasil belajarnya 25,93 %
dengan nilai rata-rata ≥ 70 hanya pada 4 siswa. sedangkan dari pengamatan
lapangan juga menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontektual lebih mudah
dipahami oleh siswa dan diimplementasikan dalam pembelajaran menulis kreatif.
FULL DOWNLOAD:
Copy/Paste Alamat Beriktu: http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/07140061-zainal-asrori.ps
No comments:
Post a Comment