Penelitian ini dilakukan dengan penyisipan berpikir
silogisme dalam proses pembelajaran biologi pada siswa kelompok eksperimen,
sedangkan siswa kelompok kontrol tidak diberikan penyisipan berpikir silogisme.
Setelah enam kali pertemuan, dilakukan pengujian pokok bahasan adaptasi makhluk
hidup pada kedua kelompok perlakuan. Hasil pengujian tersebut diperoleh skor
prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai
t-hitung sebesar 6,023. Batas penolakan Ho pada d.b. = 78 dan taraf
signifikansi 5% adalah 1,98. Karena nilai t-hitung > nilai t-tabel, berarti
nilai t-hitung tersebut signifikan. Dengan kata lain, penyisipan berpikir
silogisme dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa. Simpulan yang dapat dirumuskan pada penelitian ini adalah penyisipan berpikir silogisme berpengaruh
terhadap prestasi belajar biologi siswa.
FULL DOWNLOAD:
Copy/Paste alamat berikut: http://www.undiksha.ac.id/images/img_item/550.doc
No comments:
Post a Comment