Friday, 31 May 2013

Pengaruh Penyisipan Berpikir Silogisme dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas III SMP Negeri 1 Seririt



Penelitian ini dilakukan dengan penyisipan berpikir silogisme dalam proses pembelajaran biologi pada siswa kelompok eksperimen, sedangkan siswa kelompok kontrol tidak diberikan penyisipan berpikir silogisme. Setelah enam kali pertemuan, dilakukan pengujian pokok bahasan adaptasi makhluk hidup pada kedua kelompok perlakuan. Hasil pengujian tersebut diperoleh skor prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,023. Batas penolakan Ho pada d.b. = 78 dan taraf signifikansi 5% adalah 1,98. Karena nilai t-hitung > nilai t-tabel, berarti nilai t-hitung tersebut signifikan. Dengan kata lain, penyisipan berpikir silogisme dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Simpulan yang dapat dirumuskan pada penelitian ini adalah  penyisipan berpikir silogisme berpengaruh terhadap prestasi belajar biologi siswa.




FULL DOWNLOAD:
Copy/Paste alamat berikut:  http://www.undiksha.ac.id/images/img_item/550.doc