Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana proses pembelajaran dengan menerapkan Model Inkuiri dengan Metode Pictorial
Riddle pada pokok bahasan alat-alat optik di SMP sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar siswa, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan alat-alat optik di SMP setelah menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data
penelitian berupa hasil belajar kognitif diperoleh dari test, hasil belajar
afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Hasil analisis
statistic dengan menggunakan uji g terhadap data hasil belajar siswa dari
siklus I, siklus II dan siklus III menunjukkan adanya peningkatan.
Peningkatan
dapat dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I
sebesar 61,92%, kemudian meningkat menjadi 88,10% pada siklus II dan 97,62%
pada siklus III. Ketuntasan hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar
76,19%, kemudian meningkat menjadi 90,48% pada siklus II dan 92,86% pada siklus
III. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I sebesar 57,14%,
kemudian meningkat menjadi 80,95% pada siklus II dan 90,48% pada siklus III.
Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri
dengan metode dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
kok banyak yg gak gak full version sih :P
ReplyDelete