Salah
satu tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia adalah agar peserta didik memiliki
kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang
berlaku, baik secara lisan maupun tulis. Namun, realitas yang ada menunjukkan
bahwa masih banyak siswa kelas 5 SDN 2 Ngali Kecamatan Belo Kabupaten Bima yang
tidak cakap berbicara. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan teknik
bermain peran dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian serta hasil temuan penelitian
di atas, maka diperlukan metode pembelajaran yang kreatif, efektif, dan
menyenangkan agar dapat membuat siswa lebih
bersemangat dan termotivasi untuk
mengikuti pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk merangsang
keterampilan siswa dalam bermain peran (drama) adalah strategi kooperatif learning. Bermain peran dapat
dikatagorikan sebagai salah satu bagian dari strategi kooperatif learning
karena peran selalu dimainkan dalam kelompok-kelompok yang menuntut ketergantungan
tinggi dari para anggotanya. Dengan teknik ini siswa menjadi lebih aktif dalam
pembelajarannya, dan kualitas hasil belajar mereka dapat ditingkatkan sehingga
memperoleh hasil yang maksimal.
No comments:
Post a Comment