Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan Aktivitas Belajar melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Kelas X Akuntansi 2
SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian adalah
siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak
36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, dokumentasi
dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan data reduction, data
display, dan verification.
Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Aktivitas Belajar Siswa kelas X
Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012 melalui penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division pada
Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank. Aktivitas belajar secara
umum mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan
Model Cooperative Learning Tipe
STAD Aktivitas Belajar Siswa hanya 39,31%, kemudian pada siklus I sebesar
67,43% dan menjadi 88,06% pada siklus II. Indikator Aktivitas Belajar khususnya
siswa yang memperhatikan apa yang disampaikan guru mengalami peningkatan dari
68,06% menjadi 94,44%, siswa yang bertanya dan menyampaikan pendapat pada saat
kegiatan belajar atau diskusi mengalami peningkatan dari 53,47% menjadi 81,94%,
siswa yang bekerja sama dengan teman satu tim mengalami peningkatan dari 66,67%
menjadi 88,19%, siswa yang membuat perencanaan dan pembagian tugas tim mengalami
peningkatan dari 67,36% menjadi 87,50%, siswa yang bertanggung jawab terhadap
tugas yang telah ditetapkan dalam tim mengalami peningkatan dari 70,83% menjadi
86,81%, siswa yang mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar
mengajar mengalami peningkatan dari 74,31% menjadi 90,97%, siswa yang bertukar
pendapat antar teman dalam tim mengalami peningkatan dari 68,75% menjadi
84,72%, siswa yang memiliki kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota tim
mengalami peningkatan dari 68,06% menjadi 86,11%, siswa yang mengambil
keputusan dari pertimbangan anggota mengalami peningkatan dari 69,44% menjadi
86,11%, serta siswa yang mengerjakan kuis dengan kemampuan sendiri mengalami
peningkatan dari 67,36% menjadi 93,75%.
Online casino no deposit bonuses for NJ players
ReplyDeleteNew players can get $300 in free play to play at casinos across New 카지노 안전 사이트 Jersey. no deposit bonus casino and a $10 deposit bonus. New players only.