Monday, 17 June 2013

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Jurnal Khusus Pada Siswa Kelas 1 SMK Muhammadiyah I Berbek Nganjuk



Pembelajaran akuntansi yang berjalan selama ini cenderung ditunjukkan pada keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal-soal akuntansi secara konsepsional yang diajarkan oleh guru. Masalah yang timbul adalah siswa belum mampu menguasai dan terampil dalam menyelesaikan soal-soal akuntansi yang bervariasi dari konsep yang diberikan guru. Untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam rangka mencapai tujuan pengajaran maka akan diterapkan pembelajaran kooperatif learning jigsaw, karena pembelajaran ini memiliki konsep pada penekanan interaksi antar siswa. Dalam interaksi ini siswa akan membentuk komunitas yang memungkinkan mereka memahami proses dan berinteraksi sate sama lain. Tujuan dari
penelitian untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkat prestasi siswa kelas X pada pokok bahasan jurnal khusus.
Pembelajaran dengan metode Jigsaw merupakan salah satu penerapan pembelajaran Koopertif dimana kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada siswa berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Muhammadiyah I Berbek, dapat diketahui bahwa pengajaran oleh guru biasanya dilakuakan dengan ceramah dan Tanya jawab. Cara belajar ini belum memberikan hasil belajar yang memuaskan pada siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Berbek.

FULL DOWNLOAD