Pembelajaran akuntansi yang
berjalan selama ini cenderung ditunjukkan pada keterampilan siswa dalam
menyelesaikan soal-soal akuntansi secara konsepsional yang diajarkan oleh guru.
Masalah yang timbul adalah siswa belum mampu menguasai dan terampil dalam menyelesaikan soal-soal akuntansi yang bervariasi dari konsep yang diberikan
guru. Untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam rangka mencapai tujuan
pengajaran maka akan diterapkan pembelajaran kooperatif learning jigsaw, karena
pembelajaran ini memiliki konsep pada penekanan interaksi antar siswa. Dalam
interaksi ini siswa akan membentuk komunitas yang memungkinkan mereka memahami
proses dan berinteraksi sate sama lain. Tujuan dari
penelitian untuk mengetahui
apakah dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkat
prestasi siswa kelas X pada pokok bahasan jurnal khusus.Pembelajaran dengan metode Jigsaw merupakan salah satu penerapan pembelajaran Koopertif dimana kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada siswa berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Muhammadiyah I Berbek, dapat diketahui bahwa pengajaran oleh guru biasanya dilakuakan dengan ceramah dan Tanya jawab. Cara belajar ini belum memberikan hasil belajar yang memuaskan pada siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Berbek.
FULL DOWNLOAD
No comments:
Post a Comment