Penelitian ini didasarkan atas permasalahan
masih rendahnya keterampilan sosial dan berbicara anak, dan secara umum
permasalahan penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan keterampilan sosial
dan berbicara anak melalui penerapan metode bermain peran atau role playing di
TK Al-Kautsar?” yang dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi
keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak sebelum diterapkan metode
bermain peran atau role playing di TK Al-Kautsar? (2) Bagaimana proses
penerapan metode bermain peran atau role playing dalam meningkatkan
keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak di TK Al-Kautsar? (3)
Sejauh mana peningkatan keterampilan sosial dan
keterampilan berbicara anak TK
Al-Kautsar setelah diterapkan metode bermain peran atau role playing?
dan (4) Kendala-kendala apa yang dialami guru dalam menerapkan metode barmain
peran atau role playing?. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk
memperoleh gambaran tentang peningkatan keterampilan sosial dan keterampilan
berbicara anak di TK Al-Kautsar melalui penerapan metode bermain peran. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk
memperbaiki proses pembelajaran keterampilan sosial dan keterampilan berbicara
anak melalui penerapan metode bermain peran.
No comments:
Post a Comment