Pembelajaran
matematika pada umumnya masih menggunakan pendekatan konvensional, dimana guru menyampaikan
materi dengan metode ceramah, kemudian siswa mencatat materi dan mengerjakan
soal-soal rutin. Terbiasanya siswa mengerjakan soal-soal rutin membuat siswa
tidak dapat melihat bagaimana keterkaitan matematika secara langsung pada
kehidupan sehari-hari yang mengakibatkan ketidaktertarikan siswa tersebut pada
mata pelajaran matematika dan secara tidak langsung rendahnya sikap positif
siswa terhadap mata pelajaran matematika, kurang aktifnya siswa mengikuti pembelajaran
sehingga mengakibatkan rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran matematika.
Untuk itu perlu dilakukan suatu pendekatan pengajaran baru yang dapat menimbulkan
ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika seperti ini.
Penelitian
ini bertujuan (1) meningkatkan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika
melalui cooperative learning sebagai
salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaiakan
soal-soal kontekstual (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam Cooperative
Learning sebagai salah satu faktor penunjang
dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal (3) meningkatkan
kemampuan siswa menyelesaiakan
soal-soal kontekstual melalui cooperative learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan
sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi
dan tes.
FULL DOWNLOAD
No comments:
Post a Comment