Saturday, 10 May 2014

Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Cooperative Learning



Pembelajaran matematika pada umumnya masih menggunakan pendekatan konvensional, dimana guru menyampaikan materi dengan metode ceramah, kemudian siswa mencatat materi dan mengerjakan soal-soal rutin. Terbiasanya siswa mengerjakan soal-soal rutin membuat siswa tidak dapat melihat bagaimana keterkaitan matematika secara langsung pada kehidupan sehari-hari yang mengakibatkan ketidaktertarikan siswa tersebut pada mata pelajaran matematika dan secara tidak langsung rendahnya sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika, kurang aktifnya siswa mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran matematika. Untuk itu perlu dilakukan suatu pendekatan pengajaran baru yang dapat menimbulkan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika seperti ini.


Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan sikap positif siswa terhadap mata pelajaran matematika melalui cooperative learning sebagai salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaiakan soal-soal kontekstual (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam Cooperative Learning sebagai salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal (3) meningkatkan kemampuan siswa menyelesaiakan soal-soal kontekstual melalui cooperative learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar observasi dan tes. 


FULL DOWNLOAD