Friday, 13 June 2014

Penggunaan Metode Pembelajaran Koooperatif Model TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan di SMK 2 Godean




Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat membuahkan hasil yang optimal, seperti yang dilakukan oleh Murdani A.H dalam melakukan penelitian di SMK 2 Godean pada mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian yang dilakukan dengan penerapan pembelajaran koopertaif model Think Pair Share (TPS). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain PTK model DDAER (Diagnosis, Design, Action And Observation, Evaluation, Reflection) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari Diagnosis masalah, Perancangan tindakan, Pelaksanaan Tindakan dan Observasi kejadian, Evaluasi, dan Refleksi. Data pada ranah kognitif diperoleh dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda dan untuk memperoleh data pada ranah afektif dalam melihat keaktifan siswa menggunakan lembar observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keaktifan siswa mengalami peningkatan 58.62% pada siklus pertama menjadi 93.11% pada siklus kedua. Keaktifan yang diukur terkait dengan keaktifan siswa dalam mempelajari materi secara individu, menulis, berdiskusi, aktif mengemukakan pendapat, dan menyampaikan hasil diskusi. Kompetensi siswa pada ranah kognitif dapat dilihat dari nilai ratarata siswa yang mengalami peningkatan sebesar 11.94% pada siklus pertama dan meningkat 22.67% pada siklus kedua. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mengalami peningkatan 51.73% pada siklus pertama menjadi 100% atau 29 pada siklus kedua.