Penggunaan metode pembelajaran yang
tepat dapat membuahkan hasil yang optimal, seperti yang dilakukan oleh Murdani
A.H dalam melakukan penelitian di SMK 2 Godean pada mata pelajaran
Kewirausahaan. Penelitian yang dilakukan dengan penerapan pembelajaran
koopertaif model Think Pair Share (TPS). Penelitian tindakan kelas ini
menggunakan desain PTK model DDAER (Diagnosis, Design, Action And
Observation, Evaluation, Reflection) yang dilakukan sebanyak dua siklus.
Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari Diagnosis masalah, Perancangan
tindakan, Pelaksanaan Tindakan dan Observasi kejadian, Evaluasi, dan Refleksi. Data
pada ranah kognitif diperoleh dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda dan
untuk memperoleh data pada ranah afektif dalam melihat keaktifan siswa
menggunakan lembar observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis
data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keaktifan siswa mengalami
peningkatan 58.62% pada siklus pertama menjadi 93.11% pada siklus kedua.
Keaktifan yang diukur terkait dengan keaktifan siswa dalam mempelajari materi
secara individu, menulis, berdiskusi, aktif mengemukakan pendapat, dan menyampaikan
hasil diskusi. Kompetensi siswa pada ranah kognitif dapat dilihat dari nilai
ratarata siswa yang mengalami peningkatan sebesar 11.94% pada siklus pertama
dan meningkat 22.67% pada siklus kedua. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa
berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mengalami peningkatan 51.73% pada
siklus pertama menjadi 100% atau 29 pada siklus kedua.
No comments:
Post a Comment