Kebiasaan membaca bahasa
Indonesia yang kurang baik berdampak negatif pada tingkat keterbacaan seseorang
atau seorang siswa. Untuk mengatasi hal tersebut sangat dibutuhkan usaha dan
kreatifitas guru. Penerapan metode Klos dalam pembelajaran membaca merupakan
salah satu upaya memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian tindakan kelas
ini yaitu untuk meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan menggunakan
metode klos siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Pelaksanaan kegiatan
dilaksanakan melalui tiga siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan perlu adanya
pra-tindakan untuk mengidentifikasi metode klos dan Kecepatan Efektif Membaca
(KEM), kemudian dilaksanakan siklus I sebagai penerapan metode klos, siklus II
sebagai implementasi pelaksanaan metode klos, dan siklus III sebagai tahap
pemantapan.
Hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari pengamatan di kelas menunjukkan bahwa aktivitas
pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode klos dapat meningkatkan
Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa.
terimakasih banyak gan
ReplyDeletesejarah permainan sepak bola
serba serbi hp dan android