Monday, 17 June 2013

Model Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode STAD pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 1 Soreang Kabupaten Bandung



Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang peran Metode (STAD) dalam meningkatkan pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten Bandung. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang : 1) Pengaruh positif yang dihasilkan oleh Metode (STAD) dalam meningkatkan pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten Bandung. 2) Metode (STAD) dalam meningkatkan pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten Bandung. 3)Langkah-langkah (fase) yang ditempuh oleh Metode (STAD) dalam
meningkatkan pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten Bandung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes, perlakuan dan postes, sedangkan untuk menguji tingkat signifikansi menggunakan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi sebelum menggunakan Metode (STAD) hasilnya rendah bila dibandingkan dengan sesudah diperlakukan Metode (STAD), sehingga Metode (STAD) dapat diterima.