Tujuan umum penelitian ini untuk
mengetahui gambaran tentang peran Metode (STAD) dalam meningkatkan pembelajaran
menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten Bandung. Adapun
tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang : 1)
Pengaruh positif yang dihasilkan oleh Metode (STAD) dalam meningkatkan
pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten
Bandung. 2) Metode (STAD) dalam meningkatkan pembelajaran menulis puisi siswa
kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten Bandung. 3)Langkah-langkah (fase) yang
ditempuh oleh Metode (STAD) dalam
meningkatkan pembelajaran menulis puisi siswa
kelas VII SMP Negeri I Soreang Kabupaten Bandung. Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pretes, perlakuan dan postes, sedangkan untuk
menguji tingkat signifikansi menggunakan uji t. Kesimpulan penelitian ini
adalah kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi sebelum menggunakan
Metode (STAD) hasilnya rendah bila dibandingkan dengan sesudah diperlakukan
Metode (STAD), sehingga Metode (STAD) dapat diterima.
No comments:
Post a Comment