Tuesday, 17 March 2015

Mendongkrak Aktifitas Belajar Siswa SMP Dalam Pelajaran IPS Terpadu Dengan Model Pembelajaran Jigsaw



Model pembelajaran Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok. Setiap anggota memiliki tanggung jawab yang sama yaitu menguasai materi dan mampu menyampaikannya kepada sesama anggota dalam satu kelompok tersebut. Model pembelajaran ini ternyata sangat efektif diterapkan untuk menggantikan pembelajaran secara konvensional seperti pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang satu ini.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Jigsaw telah berhasil diterapkan oleh Elyasari R (Tahun 2013) pada siswa SMP dengan mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas 7. Setelah dilakukan penelitian pada siklus pertama sudah menunjukkan adanya ketepatan dalam pemilihan model pembelajaran yaitu 60,5% dapat dipastikan aktif ikut dalam kegiatan pembelajaran dan 65,4% mendapatkan nilai yang memuaskan.
Sedangkan penelitian pada silkus kedua juga mengalami peningkatan yaitu dengan prosentase 88,5% siswa dapat diakatakan memperoleh nilai yang memuaskan.